Berikut adalah contoh penguraian Kompetensi Dasan ke
dalam Input, Proses dan Output
KD : Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Parafrase:
[ penguraian kembali suatu teks
(karangan) dl bentuk (susunan kata-kata) yg lain, dng maksud untuk dapat
menjelaskan makna yg tersembunyi ( Sumber : KBBI Offline versi 1.3)]
1. Ketika
siswa diberi fenomena persoalan mengenai berat, masa, volume, panas, siswa
dapat menentukan satuan ukur (lokal maupun internasional) beserta alat ukurnya
dengan tepat
2. Ketika
siswa diberikan berbagai alat ukur, seperti termometer, penggaris, jangka
sorong, micrometer sekrup, neraca 4 lengan, neraca pegas, gelas ukur, mereka
bisa menggunakannya untuk mengukur sesuai dengan fungsinya.
3. Ketika
siswa diberikan berbagai alat ukur, siswa dapat menentukan
ketelitian pengukuran dengan tepat.
Input
Pembelajaran:
Perhatikan parafrase di atas. Parafrase tersebut
menunjukkan input yang harus diberikan kepada siswa. Siswa harus dihadapkan
dengan realita pentingnya mengetahui satuan pengukuran, mengenal jenis-jenis
alat ukur dan menggunakan alat ukur sesuai dengan fungsinya, dan mengukur
dengan tingkat ketelitian tertentu.
Karena itu, input pembelajarannya adalah:
1. Sajian fenomena tentang
permasalahan berbagai unit pengukuran dan satuannya, baik yang bersifat lokal maupun
internasional
2. Berbagai alat ukur, misalnya termometer,
penggaris, jangka sorong, micrometer sekrup, neraca 4 lengan, neraca pegas,
gelas ukur
3.
Alat ukur dengan berbagai tingkat ketelitian.
Output
Pembelajaran:
Perhatikan kembali parafrase 1 di atas. Output yang
diharapkan adalah:
1.
Siswa mendeskripsikan satuan
ukur (lokal maupun internasional) beserta alat ukurnya
2.
Mengukur menggunakan alat ukur yang tepat
3.
Mengukur dengan teliti
4.
Menentukan
ketelitian pengukuran
Proses
Pembelajaran:
Output pembelajaran tersebut di atas diperoleh dengan
cara meminta siswa memproses input pembelajaran yang diberikan. Berdasarkan
input dan output pembelajaran tersebut di atas, proses pembelajarannya bisa
berupa:
1. membaca
2. mengamati
3. mengukur
4. membandingkan
5. dll
Input, Output dan Proses Pembelajaran tersebut dapat
dinyatakan dalam tabel berikut:
Input Pembelajaran
|
Output
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Siswa diberi persoalan
tentang pengukuran berat, masa, panas, volume melalui penyajian fenomena
|
Siswa menentukan satuan dan alat ukur dengan tepat
|
1.
membaca
2.
mengidentifikasi
berdasarkan pengalaman
|
Siswa diberi berbagai alat ukur, seperti termometer, penggaris,
jangka sorong, micrometer sekrup, neraca 4 lengan, neraca pegas, gelas ukur
|
· Siswa
dapat menentukan fungsi dengan tepat
· Siswa
dapat menggunakan alat ukur dengan tepat berdasarkan fungsinya
|
1.
Membaca
2.
Mengamati
3.
Mengukur
4.
membandingkan
|
Menggunakan alat tertentu untuk mengukur panjang, berat, volume, dengan
tingkat ketelitian tertentu
|
· menggunakan alat ukur dengan ketelitian tertentu
· memahami konsep ketelitian
|
1.
Membaca
2.
Mengamati
3.
Mengukur
4.
membandingkan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar