Selasa, 12 Maret 2013

Ternyata Matahari tidak Hanya Satu



Matahari adalah sebuah bintang. Dikatakan demikian karena matahari dapat memancarkan cahayanya sendiri. Dari bermilyar-milyar bintang yang ada di jagat raya matahari adalah salah satu dari mereka. Mengapa matahari tampak besar sedangkan bintang lain tampak lebih kecil ? Memang, dari pengamatan ,manusia di bumi matahari tampak lebih besar bila dibandingkan dengan bintang-bintang lain. Akan tetapi tidaklah demikian kenyataannya. Matahari kita tampak lebih besar karena matahari adalah bintang yang paling dekat jaraknya dengan bumi. Jarak rata-rata matahari – bumi kurang lebih 150 juta kilometer.  

Ada jutaan bintang di jagat raya ini yang ukurannya lebih besar dari matahari. Sebagai bukti, tim astronom yang dipimpin Paul Crowther, profesor astrofisika di Universitas Sheffield Inggris menemukan “monster bintang” tanpa sengaja  ketika sedang meneliti dua kelompok muda bintang yang diberi nama NGC 3603 dan RMC 136a. Monster bintang tersebut diidentifikasi dengan nomor register R136a1. Perhatikan bambar berikut !

Ilustrasi ini menggambarkan perbandingan “monster bintang” R136a1 (latar belakang bulat berwana biru) dengan matahari kita yang berwarna kuning. Karena warnanya kuning dan bukan bintang yang tergolong besar matahari kita mendapat julukan “bintang cebol kuning “  Perhatikan pula gambar berikut !
Berdasar gambar di atas matahari merupakan bintang terkecil dibandingkan tiga bintang yang lain. Pada skala seperti di atas bumi tidak tampak sedangkan planet yupiter yang merupakan planet terbesar dalam tata surya kita hanya sebesar dua pixel . Dari dua gambaran tersebut diketahui bahwa matahari bukanlah bintang terbesar seperti terlihat dari bumi
Apakah keadaan permukaan matahari halus mulus dan tenang seperti yang kita lihat dari bumi ?
Matahari berupa bola gas yang berpijar dengan suhu yang sangat tinggi.  Suhu bagian permukaan matahari (yang terlihat dari bumi seperti piringan putih bersih)  sekitar 6000oC dan suhu pada bagian inti (yang merupakan “dapur”nya matahari atau pusat aktivitas matahari ) sekitar 15.000.0000C. Gas dengan suhu yang sangat tinggi pada bagian inti matahari mengalir keluar, menimbulkan gumpalan-gumpalan dan semburan gas yang panjangnya hingga ribuan kilometer  disertai ledakan-ledakan dengan suara yang sangat keras ( barangkali aktivitas ledakan dari semburan gas di permukaan matahari dapat kita gambarkan seperti ledakan gunung berapi yang sedang meletus ).  . Akibat semua inilah membuat permukaan matahari tidak halus mulus dan tidak tenang atau sunyi seperti yang kita lihat dari bumi. Perhatikan gambar dibawah ini. (Gambar matahari berikut tidak putih seperti kita kenal sehari-hari dari bumi karena dibuat dengan filter / penyaring cahaya.)
Mengapa suara sangat keras itu tidak terdengar dari bumi ? Tidak terdengar dari bumi karena antara bumi dan matahari  terdapat ruang hampa di mana bunyi tidak dapat merambat di dalamnya.
Selain itu pada matahari terdapat bercak-bercak yang terkenal dengan noda matahari ( sun spot ) seperti yang terlihat pada gambar di atas. Noda terjadi karena bagian ini mempunyai suhu lebih rendah dari bagian yang lain.


(http://arieearmandoo.wordpress.com)

Karena suhu bola matahari dari inti hingga bagian luar tidak sama, maka matahari dibagi menjadi lapisan-lapisan berdasarkan suhunya. Lapisan tersebut adalah inti matahari ( core ). fotoster, kromosfer dan korona. Perhatikan gambar berikut !

Inti matahari keadaannya telah kita bahas di depan, Fotosfer ( permukaan matahari yang terlihat dari bumi ) keadaannya juga sudah dibahas. Tebal fotosfer sekitar 500 km dari pusat inti. Sedangkan kromosfer  adalah lapisan di atas fotoster. Lapisan ini tebalnya sekitar 2400 km dari inti dengan suhu sekitar 10.0000C. Kromosfer juga dikenali sebagai atmosfer bagian luar matahari. Di atas lapisan kromosfer atau lapisan yang paling luar dari matahari adalah korona. Tebal lapisan ini sekitar 700.000 km dari inti dengan suhu sekitar 2.000.0000C. Lapisan korona tidak kelihatan dari bumi. Korona hanya dapat diamati pada saat terjadi gerhana matahari total. Korona merupakan atmosfer bagian luar matahari. Perhatikan korona pada gambar berikut ini !
Meskipun kelihatan indah kita tidak boleh coba-coba menatap korona dengan mata telanjang. Radiasinya yang sangat kuat mempengaruhi saraf mata sehingga dapat membuat mata buta permanen. Untuk  mengamati korona dipakai filter atau penyaring cahaya.
Berbicara tentang energi matahari yang cukup dahsyat, sebenarnya dari manakah energi tersebut berasal?
Energi matahari berasal dari reaksi kimia pada suhu sangat tinggi atau reaksi termonuklir yang disebut reaksi fusi. Reaksi fusi sendiri artinya adalah reaksi penggabungan inti atom hidrogen menjadi inti atom helium disertai terjadinya  energi yang cukup besar.
Energi matahari sangat berguna bagi hidup kehidupan makhluk di bumi untuk kelangsungan hidupnya.  Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk berfotosintesis sehingga tumbuhan dapat hidup. Manusia dan sebagian hewan menggunakan tumbuhan sebagai bahan makanan. Sebagian hewan memakan hewan pemakan tumbuhan. Manusia juga memakan daging hewan pemakan tumbuhan. Demikian seterusnya disebut rantai makanan. Dimana satu mata rantai sangat tergantung pada mata rantai yang lain.  Jika tidak ada matahari maka rantai mekanan akan putus, dan kehidupan terhenti. Itulah pentingnya matahari bagi kelestarian hidup dan kehidupan di bumi.
Khusus bagi manusia manfaat matahari diantaranya (1) sinarnya dapat mengubah provitamin D (bakal vitaminD)  dalam tubuh menjadi vitamin D yang berfungsi untuk kesehatan tulang, (2)  untuk mengeringkan benda-benda basah termasuk pakaian yang kita jemur, (3) energi panasnya dapat diubah menjadi energi listrik dengan bantuan sel matahari, misalnya untuk kalkulator, (4) keberadaan matahari pada waktu pagi dan sore dapat digunakan untuk menentukan arah.
Demikianlah keberadaan matahari di jagat raya ini. Semuanya adalah anugerah Tuhan yang Maha Sempurna lagi Maha Pandai.
 Sumber :
  1. http://www.tribunnews.com/2010/07/22/astronom-inggris-temukan-monster-bintang
  2. http://sains.amalgofa.info
  3. http://arieearmandoo.wordpress.com
  4. “15 Fact About the Solar System “oleh Beverley Dietz
  5. Wikipedia
  6. www.space.com
  7. (http://purpleheart.wordpress.com
  8. http://nationalgeographic.co.id








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Entri Populer

 photo DINAMIKA-SAINS2_zps0b67a549.gif