Minggu, 21 Desember 2014

Fenomena Alam yang Menakjubkan dapat Dilihat di 5 (lima)Tempat di Dunia


Banyak keindahan alam yang terjadi dimpermukaan bumi kita. Pada posting kali ini akan disajikan 5 (lima)  keindahan alam yang terjadi di muka bumi kita.

1.  Tanah tujuh warna - Chamarel, Mauritius
Tanah tujuh warna adalah fenomena geologis yang bisa ditemui di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius. Bukit pasir yang tidak terlalu luas ini memiliki warna-warna yang menakjubkan. Pasirnya terdiri dari tujuh warna, yaitu warna merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning.




Photo by Mauritius Genosy


Seperti ditulis Wikipedia, diperkirakan nuansa warna-warni pasir di tempat itu terjadi karena lelehan batu vulkanik yang mendingin pada suhu berbeda-beda. Uniknya, kalau Anda mengambil segenggam pasir di bukit ini dan mencampurnya, pasir-pasir tersebut akan memisahkan diri sesuai dengan warnanya, seolah-olah membentuk spektrum warna pelangi.



Photo by Stories Wayn





Saat terbaik untuk menikmati keindahan Tanah Tujuh Warna ini adalah di siang hari, ketika matahari bersinar terang. Pengunjung bisa melihat lapisan tujuh warna bukit pasir tersebut secara jelas. Tetapi sekarang area Tanah Tujuh Warna ini dikelilingi pagar agar pengunjung tidak bisa mendekat.

Saat terbaik untuk menikmati keindahan Tanah Tujuh Warna ini adalah di siang hari, ketika matahari bersinar terang. Pengunjung bisa melihat lapisan tujuh warna bukit pasir tersebut secara jelas. Tetapi sekarang area Tanah Tujuh Warna ini dikelilingi pagar agar pengunjung tidak bisa mendekat.

2.Pantai bertabur bintang - Teluk Toyama, Jepang


Fenomena Bioluminesensi di Teluk Toyama. Photo by Sakurahouse 

Pantai Vadhoo Island, Maladewa atau Puerto Mosquito yang dipenuhi plankton bercahaya? Itu sudah biasa. Jika Anda ingin menyaksikan fenomena bioluminesensi yang unik, coba kunjungi Teluk Toyama, Jepang.
Pada saat musim semi, tepatnya bulan Maret sampai Juni bibir pantai di teluk ini akan dihiasi bercak-bercak biru bercahaya yang cantik. Tak seperti fenomena bioluminesensi lainnya, pendar cahaya biru di sini disebabkan oleh cumi kunang-kunang jenis Watasenia scintillans.




















Photo by Food In Japan
Cumi-cumi ini bisa menghasilkan pigmen cahaya dan bisa dijadikan makanan yang lezat.

3.     Petir abadi - Catatumbo, Venezuela

Daerah sekitar Sungai Catatumbo dan Danau Maracaibo, Venezuela adalah satu-satunya tempat di muka bumi di mana Anda bisa menyaksikan fenomena petir abadi.

Menurut situs Weather, wilayah Catatumbo-Maracaibo dihunjam 3600 petir dalam satu jam. Dan ini berarti terjadi petir setiap detik. Fenomena ini berlangsung hampir sepanjang tahun, selama 300 malam dari 365 hari. Dan daerah ini sudah dilanda petir abadi tersebut sejak abad 16.
















Petir abadi di Catatumbo-Maracaibo, Venezuela. Photo by factsprofessor.com





Photo by Amusing Planet






Menurut situs Storm Highway, konfigurasi angin dan iklim tropis di Maracaibo menjadikan wilayah ini ideal sebagai tempat terjadinya petir


4.  Gua bercahaya - Waitomo, Selandia Baru


Gua Waitomo. Photo by huffingtonpost.co.uk

Fenomena gua yang berpendar layaknya taburan bintang di angkasa  dapat dilihat di salah satu gua di Waitomo, Selandia Baru. Gua-gua ini merupakan habitat bagi cacing-cacing yang tubuhnya bisa menghasilkan pigmen bercahaya. Cacing-cacing ini sejatinya adalah larva sejenis serangga yang bergelantungan di dinding gua.
Photo by If This is Taken








































5.  Northern Light - Eropa Utara dan Amerika Utara

Aurora Borealis. Photo by www.dailyrecord.co.uk

Aurora Borealis atau biasa disebut Northern Light (cahaya utara) adalah sebuah fenomena cahaya yang muncul selama beberapa bulan dalam setahun di kawasan kutub utara.


Aurora Borealis muncul di langit setiap akhir November hingga Maret. Untuk melihatnya, Anda harus mendatangi negara-negara di Eropa Utara dan Amerika Utara, antara lain Alaska, Denmark, Skotlandia, Kanada, Greenland, Finlandia, Eslandia, Norwegia, Swedia, dan Rusia.




Demikian 5 keindahan alam yang disampaikan kepada pembaca pada postung kali ini. semoga bermanfaat.

Sumber :
  1. http://www.merdeka.com
  2. http://kisahbest.org/
  3. https://www.google.com/url?forum.indowebster.com
  4. http://www.lovethesepics.com

Translate

Entri Populer