Minggu, 09 September 2012

Trik Mengajar Fisika Kelas VII Di Sekolah Pinggiran


Suatu hari saya (sebagai guru Fisika SMP di pinggiran Kab. Karanganyar yang berdasarkan nilai UN SD/MI input siswanya jauh  dibawah rata-rata Kab. ) menyampaikan materi Gerak Lurus Beraturan untuk siswa kelas VII semester genap. Setelah sampai pada saatnya saya bersama siswa menyimpulkan bahwa rumus kecepatan adalah V=S/t.

Diskusi dilanjutkan. Saya bertanya kepada siswa bagaimana persamaan untuk mencari t ban bagaimana pula untuk mencari S.  Ternyata siswa saya banyak mengalami kesulitan
Seketika itu saya teringat pada waktu saya kelas I SMP. Hal yang sama terjadi pada diri saya yaitu mengalami kesulitan untuk mengubah rumus yang sama pula.
Namun ketika itu saya tidak putus asa. Saya mencoba mencari  cara sendiri agar kesulitan itu teratasi.


Akhirnya saya (waktu itu) menemukan cara sebagai berikut :
Persamaan  V=S/t    saya samakan dengan persamaan   3=6/2    



maksud saya  V saya samakan statusnya denga 3, S dengan 6 dan t dengan 2. Sehingga untuk mencari S sama saja mencari anggka 6. Dimana angka 6 dapat dipeoleh dari 3 x 2 atau v x t.  sehingga  ketemu rumus S=Vxt.  Demikian juga untuk mencari t sama saja mencari  angka 2. Dimana angka 2 dapat diperoleh dari 6/3  atau  S/V sehingga ketemu persamaan 
t=S/V.
Cara ini kemudian saya terapkan dikelas tempat  saya mengajar tadi.  Ternyata dengan dengan menggunakan  cara tadi  siswa saya menjadi lebih mudah untuk mengubah persamaan (rumus)

Saya juga ingat, waktu di SMA dikenalkan cara “segi tiga rumus”. Namun menurut saya masih membingungkan dan lebih mudah menggunakan cara yang saya pernah gunakan.
Pengalaman ini barangkali tidak terjadi pada teman-teman.  Dimana siswa-siswanya sudah cukup mumpuni.  Namun ditempat saya sampai sebegitunya.

Terima kasih, sekedar  mengungkapkan  pengalaman pribadi sebagai guru di sekolah pinggiran

But, however  it all made me happy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Entri Populer

 photo DINAMIKA-SAINS2_zps0b67a549.gif