Proses belajar mengajar di dalam kelas dituntut agar bervariasi dan menarik minat siswa terhadap materi pelajaran yang disampaiakn guru. Untuk keperluan itu dapat ditempuh dengan memanfaatkan Media Pembelajaran yang relevan sehingga dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di dalam
kelas .
Manfaat media pembelajaran yaitu : (1) bagi guru, membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta untuk belajar aktif. (2)bagi siswa, menjadi jembatan untuk
berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru
dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan
dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan
yang dihadapi siswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu,
media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan
karakteristik siswa. Guru dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan
memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan menyenangkan bagi siswa.
Media pembelajaran
yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan guru sangat bervariasi. Beberapa
contoh media pembelajaran yang dimaksud adalah: foto, karikatur, poster, koran,
bagan, grafik, peta, benda model, permainan, film slide, CD interaktif, overhead proyektor, radio, televisi, lingkungan (fisik, alam, sosial, dan peristiwa).
Beberapa media, seperti media sederhana, kadang perlu dikembangkan, dimodifikasi,
dikombinasikan dengan media lain, atau dicari alternatif media lainnya yang
juga relevan untuk membantu pencapaian
tujuan pembelajaran. Media dari alat dan bahan sederhana seringkali menarik dan
menantang karena dapat merangsang kreativitas guru dalam mengembangkan dan
siswa dalam menggunakannya. Media sederhana sangat disarankan meskipun media-media
yang lebih modern seperti komputer dapat dimanfaatkan jika tersedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar