Selasa, 26 Maret 2013

Fenomena alam di bulan Maret


Gerak Semu Tahunan Matahari
Beberapa hari yang lalu udara terasa panas. Banyak orang yang disana maupun di sini mengeluh. Sebenarnya ada apa dengan alam ini? Setelah berpikir baru ingat bahwa sekarang adalah bulan maret dimana menurut Ilmu Alam  pada tanggal 21 Maret garis edar matahari tepat di khatulistiwa. Negara kita yang dilalui garis khatulistiwa turut merasakan fenomena ini.  Fenomena akan terjadi lagi pada tanggal 23 September. Perhatikan gerak semu tahunan matahari pada gambar.


Selain itu lamanya waktu siang dan lamanya waktu malam relatif sama. Ini terjadi karena poros bumi sejajar dengan poros matahari. Kejadian ini dapat juga kita perhatikan bahwa waktu pelaksanaan ibadah bagi umat Islam seperti sholat maghrib atau sholat subuh relatif normal. Waktu sholat maghrib sekitar pukul 18.00 WIB, waktu sholat subuh sekitar pukul 04.00 WIB.  Lalu bagaimanakah posisi bulan? Demikan ada teman yang bertanya. Posisi bulan tetap seperti biasa. Bidang edar bulan membentuk sudut 5,2o terhadap ekliptika (bidang edar planet bumi).

Sebenarnya garis edar bulan selalu tetap. Namun  karena dalam berevolusi poros bumi tidak tetap kecondongannya, maka sepertinya posisi bulan berubah-ubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Entri Populer

 photo DINAMIKA-SAINS2_zps0b67a549.gif